Manfaat Pose Jembatan Yoga Rutin pada Fisik dan Mental

Pose jembatan merupakan pose yoga yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari memperkuat kaki, memberi energi pada kesehatan fisik, dan membantu menjaga kesehatan mental.

Dapat dilakukan dengan berbagai modifikasi dan variasi menjadikan pose yoga ini pilihan yang tepat bagi mereka yang sedang baru saja memulai yoga atau mereka yang sudah mahir.

Ada banyak manfaat melakukan yoga secara rutin pose jembatan

Manfaat pose jembatan yoga

Untuk melakukan postur yoga pose jembatan, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Berbaring telentang, tekuk lutut, letakkan kaki Anda rata di atas matras. Posisikan tumit Anda secara vertikal dengan tulang ekor Anda. Perkuat paha dan tulang ekor Anda dan angkat pinggul Anda. Posisikan dagu Anda di dada. Letakkan lengan Anda ditekan ke lantai dan Anda bisa meletakkan tinju di antara tumit Anda.

Jika ini memberi terlalu banyak tekanan pada punggung bawah, Anda dapat memodifikasinya dengan menempatkan blok penyangga pada tulang ekor. Ini disebut modifikasi restorasi.

Modifikasi dan variasi manapun yang Anda gunakan, gerakan yoga pose jembatan memberikan berbagai macam manfaat kesehatan yang patut untuk dicoba.

Manfaat fisik yoga pose jembatan

Manfaat pose jembatan yoga

Bagi anda yang bukan atlet, pose jembatan akan menarik badan depan dan badan belakang, menciptakan ruang antara tulang belakang dan mengurangi tekanan pada cakram (vertebra). Gerakan ini sebagai alternatif pereda sakit punggung.

Pose jembatan memiliki manfaat peregangan dan penguatan otot-otot tubuh serta membantu memperbaiki postur tubuh.

Banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk membungkuk di meja mereka. Ini menyebabkan bahu membungkuk ke depan dan ketegangan di dada. Sebab, aktivitas tersebut bisa melemahkan otot-otot di punggung dan leher.

Saat melakukan gerakan pose jembatan, bahu akan menekan lantai dan dada akan terbuka. Dilakukan secara rutin, pose ini bisa membantu memperbaiki postur bahu yang bungkuk.

Pose ini juga membantu Anda mengembangkan kesadaran akan otot-otot di kaki Anda dan membantu membangun kekuatan pada otot pendukung di kaki dan pinggul Anda.

Manfaat yoga lainnya pose jembatan untuk tubuh:

  • Meredakan ketidaknyamanan saat haid.
  • Terapi untuk asma, tekanan darah tinggi, dan sinusitis.
  • Mengurangi kecemasan, kelelahan, sakit punggung, sakit kepala, dan insomnia.

Manfaat untuk kesehatan mental

Manfaat pose jembatan yoga

Yoga disebut usaha fisik yang dapat menuntun pikiran menjadi tenang. Selama beberapa tahun terakhir, banyak penelitian telah mengamati peran yoga pada kesehatan mental. Gerakan yoga pose jembatan mengurangi perasaan cemas, stres, dan mengurangi depresi ringan.

Studi berjudul Menjelajahi efek terapi yoga dan kemampuannya untuk meningkatkan kualitas hidup, mendemonstrasikan beberapa manfaat yoga pada kesehatan mental.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melakukan yoga dapat meningkatkan pemulihan dan pengobatan kecanduan, mengurangi stres dan kecemasan, memperbaiki pola tidur, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Gerakan yoga secara keseluruhan termasuk gerakan pose jembatan, memiliki berbagai macam manfaat kesehatan. Namun untuk melakukan pose tertentu tetap perlu kehati-hatian.

Bagi sebagian orang dengan kondisi medis sakit pada lutut dan leher, perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk melakukan yoga, terutama gerakan pose jembatan.

Posting Manfaat Melakukan Pose Jembatan Yoga Secara Teratur pada Reformasi Fisik dan Mental muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  10 Jenis Cedera Olahraga Paling Umum