Jika Anda menginginkan berat badan ideal, berapa kalori yang harus Anda bakar?

Untuk mencapai berat badan ideal, banyak orang sangat membatasi asupan makanannya saat mencoba menurunkan berat badan. Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah berapa banyak kalori yang harus Anda bakar setiap harinya. Ya, jika ingin mendapatkan berat badan ideal, Anda melakukan aktivitas fisik atau olahraga untuk membakar kalori, bukan sekadar membatasi asupan makanan.

Tubuh membakar kalori secara alami

Bukan hanya asupan kalori yang harus Anda perhatikan saat ingin menurunkan berat badan, tapi juga berapa kalori yang Anda keluarkan. Anda perlu melakukan olahraga untuk membakar kalori Anda. Sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit dari pada kalori yang keluar. Ini bisa menyebabkan Anda menurunkan berat badan.

Kebutuhan kalori seseorang berbeda-beda (lihat cara menghitung kebutuhan kalori per hari di sini), begitu juga banyaknya kalori yang harus dibakar. Ini tergantung dari ukuran tubuh, komposisi tubuh, jenis kelamin, usia, dan aktivitas fisik. Padahal, tubuh Anda sudah membakar kalori meski tidak berolahraga. Tapi, kalori yang dibakar tubuh tidak cukup untuk mencapai berat badan ideal yang diinginkan.

Kalori dalam tubuh Anda terbakar secara alami saat tubuh Anda menjalankan fungsinya. Misalnya untuk bernapas, memompa darah, mencerna makanan, menjaga suhu tubuh, dan masih banyak lagi. Ini disebut metabolisme basal tubuh. Namun, jika Anda ingin menurunkan berat badan, itu saja tidak cukup.

Olah raga untuk membakar lebih banyak kalori

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar lebih banyak kalori. Membatasi asupan makanan saja tidak cukup untuk menambah berat badan yang sehat.

Anda disarankan untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh sebanyak 500-1000 kalori per hari untuk menurunkan berat badan sebanyak 0,5-1 kg per minggu. Anda bisa melakukan pengurangan kalori 500-1000 ini dengan membatasi asupan makanan dan berolahraga.

Misalnya, jika kebutuhan kalori Anda per hari adalah 2200 kalori, Anda bisa mengurangi asupan makanan sebanyak 500 kalori dan Anda juga bisa melakukan olahraga yang membakar 300 kalori.

Dengan begitu, kalori yang masuk ke tubuh Anda setiap hari adalah 2200-500-300 = 1400 kalori. Ini akan memungkinkan Anda menurunkan berat badan lebih cepat daripada jika Anda hanya membatasi asupan makanan.

Berapa banyak kalori yang harus Anda bakar setiap hari sepertinya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berapa kalori yang Anda butuhkan dan berapa kalori yang masuk dari makanan. Tentu saja, ini bervariasi antar individu.

Jika Anda makan lebih banyak, itu berarti Anda harus melakukan lebih banyak aktivitas fisik atau olahraga untuk menurunkan berat badan. Namun perlu digarisbawahi bahwa setidaknya kalori yang masuk ke tubuh Anda melalui makanan adalah 1.200 kalori.

Berapa banyak kalori yang dibakar saat berolahraga?

Ini tergantung pada berbagai faktor, seperti ukuran tubuh Anda, berapa lama Anda berolahraga, tingkat kebugaran Anda, aktivitas dan rasio lemak tubuh. Orang dengan ukuran tubuh lebih besar biasanya membakar lebih banyak kalori.

Secara umum, latihan kardio dapat membakar kalori lebih banyak daripada olahraga lainnya. Misalnya jogging, bersepeda, dan senam aerobik. Dalam waktu 30 menit, olahraga ini bisa membakar kalori sekitar 200-400 kalori pada orang dengan berat badan 70 kg.

Olahraga teratur dapat meningkatkan komposisi jaringan otot Anda, sehingga tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori saat Anda istirahat.

Postingan Jika Anda ingin berat badan ideal, berapa kalori yang harus Anda bakar? muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Berikut 6 Tips Tubuh untuk Kesembuhan Optimal setelah Sakit