4 Jenis Latihan Selama Menopause untuk Menurunkan Berat Badan

Selain menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga bisa bermanfaat untuk menghindari penambahan berat badan yang melebihi porsi ideal. Ini juga berlaku untuk wanita yang mengalami menopause. Apalagi saat ini, seorang wanita rawan mengalami kenaikan berat badan. Lantas, jenis olahraga apa saja saat menopause yang bisa membantu menurunkan berat badan?

Mengapa olahraga penting bagi wanita menopause?

Seorang wanita mulai mengalami menopause ketika siklus menstruasinya berhenti dalam 12 bulan. Tepat sebelum menopause (perimenopause) dan saat menopause terjadi, perubahan fisik dapat terjadi. Salah satu perubahan yang akan dialami adalah penambahan berat badan secara tiba-tiba.

Ini bisa terjadi karena wanita cenderung kehilangan massa otot dan menambah lemak perut saat menopause. Oleh karena itu, olahraga bagi wanita menopause sangat penting dilakukan untuk mencegah kenaikan berat badan yang lebih drastis.

Selain menurunkan berat badan, olahraga pada wanita menopause juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Mengurangi risiko kanker.
  • Memperkuat tulang.
  • Mengurangi resiko terjangkit berbagai penyakit.
  • Memperbaiki mood atau mood.

Olah raga saat menopause yang dapat membantu menurunkan berat badan

Untuk bisa menurunkan berat badan, wanita menopause membutuhkan setidaknya 4 jam hingga lebih per minggu. Semakin tua seorang wanita menopause, semakin lama pula olahraga yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan.

Namun, waktu olahraga yang lama bukanlah satu-satunya faktor yang dapat memaksimalkan penurunan berat badan. Olahraga apa yang dilakukan lebih penting daripada berapa lama olahraga tersebut dijalankan.

Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan wanita saat menopause untuk menurunkan berat badan.

1. Kardio

Salah satu latihan kardio untuk wanita menopause

Kardio atau biasa disebut aerobik merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan detak jantung dan kerja paru-paru lebih dari biasanya. Beberapa jenis kegiatan tersebut, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang dan menari.

Kardio dapat membakar kalori yang membantu penurunan berat badan, termasuk untuk wanita menopause. Bahkan melalui olahraga ini, risiko penyakit yang mungkin timbul selama menopause, seperti penyakit jantung dan osteoporosis, bisa dicegah.

Baca:  Tip dan Gerakan Push Up untuk Pemula

Sebagai pemula, lakukan latihan kardio ringan, seperti jalan kaki selama 10 menit per hari. Secara bertahap, tingkatkan intensitas dan jenis kardion.

2. Latihan kekuatan

latihan kekuatan untuk mengangkat beban

Latihan kekuatan adalah latihan paling efektif untuk mengubah bentuk tubuh, mengurangi lemak perut, dan membangun jaringan otot. Hal ini diperlukan bagi wanita menopause untuk membantu memperlambat kerapuhan tulang (osteoporosis).

Latihan kekuatan bisa dilakukan dengan mengangkat alat berat atau pipa tahanan. Gunakan mesin yang mudah terlebih dahulu dan tingkatkan berat secara perlahan.

Lakukan latihan kekuatan ini dua kali seminggu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, wanita menopause disarankan menggunakan bantuan trainer. Penting juga untuk mencegah cedera.

3. Pelatihan Sirkuit

olahraga sirkuit pelatihan

Pelatihan sirkuit adalah olahraga yang menggabungkan aerobik dan latihan kekuatan. Jenis olahraga ini sangat efektif membakar kalori sehingga bisa menurunkan berat badan pada wanita menopause.

Jika Anda sudah lama tidak berolahraga, lakukan pelatihan sirkuit untuk level pemula. Tingkatkan secara bertahap ke level yang lebih tinggi di pelatihan sirkuit. Mulailah dengan melakukan latihan ini seminggu sekali.

4. Yoga

yoga untuk wanita menopause

Menambah berat badan pada wanita menopause bisa membuat stres. Karenanya, yoga diperlukan untuk melatih pernapasan, melepaskan stres, dan fokus pada momen kekinian.

Yoga bisa dilakukan kapan saja. Guna menurunkan berat badan secara maksimal, yoga juga bisa dilakukan bersamaan dengan senam aerobik, latihan kekuatan, atau olahraga lainnya.

Melakukan olahraga memang penting untuk menurunkan berat badan bagi wanita saat menopause. Namun olahraga harus dibarengi dengan konsumsi makanan sehat, rendah kalori, serta tidur yang cukup dan berkualitas.

Postingan 4 Jenis Latihan Saat Menopause untuk Menurunkan Berat Badan muncul pertama kali di Hello Sehat.